Featured

    Featured Posts

  • dimana kehidupan
  • disitulah jawaban

WARUNG SODAQOH


Warung Sodaqoh
Warung Sodaqoh
 
SESUAI namanya. Warung Sodaqoh, warung itu memang diperuntukkan bagi mereka orang-orang yang tidak mampu. Namun, siapapun boleh ikut makan di situ. Tidak akan dipungut bayaran sama sekali. Maka, bagi siapa saja yang merasa lapar, ingin makan tetapi tidak punya uang, bisa mampir ke warung yang buka setiap hari, sejak pukul 06.00 sampai 09.00 itu. Lokasi tepatnya berada di sisi timur Alun-Alun Kota Pekalongan.

Memberi Itu Terangkan Hati


Sekilas, warung itu tak beda dengan warung makan lainnya. Namun bentuknya sangat sederhana. Dipayungi selembar terpal berwarna biru, dengan tiang penyangga terbuat dari batang-batang bambu. Yang cukup mencolok adalah, adanya tulisan merah pada selembar kain putih, yang juga digunakan sebagai tabir untuk menutupi ‘para pembeli’ yang makan di situ. Kain itu dipasang di sisi luar sebelah timur, menghadap ke pusat perbelanjaan di situ.

Tulisannya sangat jelas, ditulis dengan huruf balok. Bunyinya: “Warung Sodaqoh. Khusus untuk Fakir Miskin & Kaum Dhuafa”. Selembar kain dengan tulisan yang sama juga dipasang di sisi satunya, namun menghadap ke dalam warung.

Adapun menu makanan yang disajikan, cukup beragam. Seperti nasi megono, opor ayam, telur ceplok, sayur lodeh, telur bacem, sampai rendang daging. Semuanya diletakkan di atas meja panjang yang ada di situ. ‘Para pembeli’, atau lebih tepatnya, warga-warga yang kurang mampu yang menikmati makanan di situ, bebas memilih menu apa saja yang tersedia. Juga, memesan minum teh hangat ataupun es teh.

Semuanya akan dilayani dg sepenuh hati.

Jangan khawatir. Menu masakannya cukup beragam. Ada ayam opor, nasi megono, telur bacem, telur ceplok, sampai daging rendang.

Lokasi: Alun2 Kota Pekalongan
Tiap hari, banyak saudara2 kita yg berprofesi sbg tukang becak, kuli panggul, pengemis, dsb, makan di situ.

Warung tersebu tdibuka dan dibiayai oleh seorang yg mengaku sbg 'Hamba Allah'. Tujuannya, utk membantu orang-orang yang kekurangan. Ia juga ingin mengembalikan fungsi alun-alun sebagai tempat favoritnya rakyat kecil. Dengan begitu, rakyat kecil bisa ikut menikmati makanan murah bahkan gratis di kawasan alun2. Sekaligus... menyentil orang-orang untuk dapat saling berbagi.

Anda kalo mau juga bisa lho punya warung seperti ini, kalo tidak bisa di kelola sendiri , bisa juga di kelola berjamaah.. bersama team Anda, atau Komunitas Anda

Semoga bermanfaat dan kita semua bisa terinspirasi oleh kisah Warung Sodaqoh di Pekalongan tersebut.

Sumber : disini
author

Dwi Yanto

Sebuah Catatan Kecil Hidup Inyonk


Tulis yang dikerjakan, Kerjakan apa yang ditulis

Dapatkan Update Gratis disini!

4 comments

Thanks infonya gan.. Nice Posttt
Ditunggu kunbalnya sma followback blog saya ya..
www.asfa-id.blogspot.com

Reply

luar biasa... semoga yang membiayai warung tersebut senantiasa dalam keberkahan dan kemuliaan, mendapat amaj jariyah atas apa yang telah dilakukannya :)

Reply

amin.
Semoga bermanfaat dan kita semua bisa terinspirasi oleh kisah Warung Sodaqoh

Reply

masama gan.
ni siap ke TKP untuk kunbalnya.

Reply

Posting Komentar

www.CodeNirvana.in

Online Sejak 2013 Dwi Yanto | Blogger Templates | Designed By Code Nirvana